Tuesday, January 15, 2019

HAL YANG PERLU DILAKUKAN KETIKA BARU TIBA DI AUSTRALIA, THE ULTIMATE GUIDE



Kartu-kartu sakti selama di Aussie

Apa saja yang men-temen perlukan ketika kalian baru tiba di Australia? Sebenarnya ada banyak hal yang ‘wajib’ dilakukan, tetapi ada tiga hal penting yang akan saya bahas di sini. Ketiga hal tersebut adalah: cara mendapatkan Tax File Number (TFN), cara membuat akun bank + superannuation dan cara memperoleh myki card (bagi yang tinggal di kawasan Victoria).
Apa itu Tax File Number?
Seperti dengan namaya, TFN merupakan nomor wajib pajak men-temen selama kalian tinggal dan bekerja di Australia. Selama men-temen bekerja secara legal (on paper), tiap employer (para pemberi kerja) biasanya akan meminta data diri kalian, termasuk copy passport, visa, TFN dan no bank kalian untuk kerluan transfer gaji tiap minggunya.
Untuk mendapatkan TFN, men-temen hanya perlu daftar ke Australian Taxation Office (ATO). Bagi yang ingin mendaftarkan via online klik disini! untuk mengisi formulirnya.
Syarat TFN:
  1. Sudah berada di Australia.
  2. Pasport dan visa (kerja/sekolah) yang masih berlaku, plus alamat tempat tinggal kalian.

Untuk proses pembuatan TFN bisa memakan beberapa hari sampai tiga mingguan. Pengalaman pribadi, ATO mengirimkan TFN ke alamat saya setelah 8 hari kerja dari saya daftar.
Bank
Selanjutnya, hal krusial lain yang patut diprioritaskan adalah membuka akun bank.
Kenapa? Well, semua legal job disini memakai jasa perbankan I.k.i transfer langsung ke akun tabungan kalian untuk pembayaran gaji.

Commonwealth, NAB (National Australian Bank) dan ANZ (Australian-New Zealand Bank) adalah contoh beberapa bank yang ada di Australia.
Untuk membuat akun bank, men-temen hanya perlu datang ke bank cabang terdekat dengan tempat tinggal kalian. Asyiknya, untuk membuka akun bank di Australia kalian tidak  wajib untuk menyetor uang sama sekali. Untuk syarat pembuatan akun bank hampir sama dengan membuat TFN mentemen hanya butuh copy visa, passport dan alamat tempat tinggal. Membuat akun bank hanya butuh proses sehari-satu minggu dari hari kita mendaftar. Pihak bank akan mengirimkan kartu debit/credit kita plus detail bank kita langsung kealamat kita. Oh iya, mumpung masih di bank, kalian juga bisa langsung untuk membuat Superannuation atau akun super (semacam untuk pension). Beberapa tahun silam, untuk pemegang working-holliday visa, sebelum meninggalkan Australia, mereka bisa ‘mencairkan’ dana yang ada di akun Super mereka.
Siapa yang membayar atau mengisi akun Super kita? Employer (pemberi kerja). Employer / company tempat kita kerja selain mentransfer gaji, mereka juga mengirim slip gaji berupa rincian jam kerja, pajak , super yang dibayarkan dan total gaji yang kita terima via email. Slip inilah yang nanti berguna untuk extension visa 2nd year atau bahkan 3rd year working-holiday visa.
MYKI Card
Apa itu myki card? Myki merupakan kartu yang berfungsi sebagi tiket sarana transportasi dari bus, tram bahkan kereta yang digunakan di kawasan Victoria. Dimana dan bagaimana untuk mendapatkan Myki card? Myki card bisa di beli di retail outlet yang di authorized oleh V-Line (regional public transport for Victoria), seperti: 7-eleven stores.
Dari pengalaman pribadi dari membeli myki card, membuat akun bank beserta superannuation dan TFN semua saya lakukan di hari yang sama, yakni dihari ke-2 saya di Australia dengan WHV.

NB: peraturan dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu, so stay up-to-date yeah guys 😉

No comments:

Post a Comment

19 JUTA/ MINGGU, GAJI BEKERJA DI AUSTRALIA