Monday, January 14, 2019

AIR TERJUN TURPINS, LANGLEY VICTORIA, AUSTRALIA



Selain cantik, air terjun turpins juga sangatlah menarik. Bagaimana tidak? Air terjun ini dikelilingi tembok bebatuan alami yang berbentuk lingkaran. Untuk menuju ke air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari tempat tinggal saya, dan satu setengah jam-an dari Melbourne, dengan kendaraan pribadi.
Berlokasi di 155 Shillidays Rd, Langley, Victoria. Tempat ini masih lumayan tenang dan sepi. Sangat cocok bagi yang suka berwisata, tapi tak suka keramaian.
Di lengkapi dengan fasilitas parkir yang luas, men-temen tak perlu kuatir untuk parkir mobil. Jalan menuju kesana berdebu dan tanpa aspal. Dekat dengan kawasan ini, masih banyak pohon dengan edible fruits di sepanjang jalan, ada Blackberries dan sejenis cherry (entah apa namanya). Setibanya di lokasi ada jalan setapak yang tidak terlalu panjang, dengan anak tangga yang okeh. Pun anak kecil bisa menikmatinya. Oh iya di area air terjun tidak ada fasilitas umum, seperti toilet. Etapi, ada tempat untuk BBQ. Aussie kurang lengkap tanpa barbie.
Ada bebatuan besar dengan formasi dan bentuk yang menarik serta akar-akar dari pohon besar menjadi bingkai dan salah satu daya tarik lebih dari tempat ini.
Berenang, explorasi lewat jalan setapak, piknik, atau sekedar santai-santai menikmati pemandagan merupakan kegiatan yang men-temen bisa lakukan di tempat ini.
Meski cantik, air terjun Turpins telah memakan korban jiwa. Dulunya mereka yang datang ke air terjun ini, selain berenang mereka juga loncat dari tebing. Karena jarak tebing ke permukaan kolam air lumayan tinggi sekitar dua puluh meter, jadi kecelakaan saat loncat dari tebing dari luka ringan hingga kematian sudah terjadi disana. Di lokasi sendiri hanya papan himbauan tentang safety, but no safety guard. Kesimpulanya, keselamatan menjadi pilihan pribadi masing-masing.  
Meski papan himbauan terpampang dibeberapa titik pintu masuk dan tertera dengan jelasnya, tetang apa yang tidak boleh dilakukan. Tapi, masih banyak sekali pengujung yang tetap terjun bebas dari tebing – yang beresiko itu. Lantas pemerintah setempat sekarang menutup akses menuju tebing panjatan. Etapi kemarin ketika kesana masih ada lho beberapa pengunjung yang tetap nekad mencari-cari celah untuk bisa terjun dari tebing.  
 
TIPS;
-Sedia sunscreen dan cold drink (makanan juga oke)
-Handuk dan baju ganti.
-Mampir ke toilet sebelum ke Air terjun.

No comments:

Post a Comment

19 JUTA/ MINGGU, GAJI BEKERJA DI AUSTRALIA