Sunday, January 13, 2019

MOBIL VS MOTOR, MANA PALING UNGGUL?

Nissan Patrol yang bisa selalu di Andalkan


Tahun ini meruapakan tahun ketiga saya tinggal di Australia. Transportasi pernah menjadi salah satu kendala dan memasung ruang gerak saya kala itu.
Saat baru datang, uang saku tak seberapa. Sedangkan pengeluaran lagi besar-besarnya, dari beli SIM card cellphone, nyari tempat tinggal dan tentunya kerjaan juga. Saat itu memilki kendaraan pribadi menjadi secondary, meskipun dari segi necessity sangat dibutuhkan. Apalah daya? Uang saku tak sampai.
Tiga bulan pertama saya kerja di farm, saya hanya ‘nebeng’ teman satu kerjaan – dengan ganti uang bensin tentunya. Uang bensin bisa dari $6 -10/ day, tegantung jarak tempuh.
=======
Kini saya sudah memilki kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Disini saya akan memaparkan Pros dan Cons dari masing-masing kendaraan, menurut pengalaman saya pribadi.

Motor (Scooter SYM 250CC)
Pros:
-Hemat tentunya. Full tank capacity 15 liter (Premium unleaded), untuk jarak tempuh 250-300KM dan itu hanya butuh biaya $15-20an, plus extra 5 liter petrol di jerrycan selalu ada di bagasi
Untuk saat ini, karena jarak rumah saya dan kerjaan sangat dekat 10 menit, biasaya saya hanya mengisi bensin sekali per-tiga minggu, atau bahkan sebulan sekali.
-Lempeng, scooter 250cc, dan freeway tempat saya tinggal hanya sampai 110 km, jadi motor digenjot diatas 100km-an masih tetep anteng.
Cons:
-Oke untuk transportasi, tapi tidak untuk explorasi.
-Cuaca. Meski motor tetap tanggung dan baik-baik saja  untuk dibawa berkendara. Tapi terkadang disaat cuaca sedang tidak asyik; berangin, hujan, winter dan seterusnya – saat itulah saya ubah haluan dengan berkendara mobil.

Melepas penak setelah bekerja

Mobil (Nissan Patrol)
Pros:
-Tangguh untuk medan Australia. Sangat cocok untuk road trip, atau untuk explorasi, camping dan kegiatan outdoor lainya. Dengan mobil men-temen tak perlu kuatir lagi tetang cuaca. Mau hujan, panas, winter, summer tak menjadi kendala.
-Praktis. Semua camping gear ada didalam mobil. Mana kala sedang berkendara dan nemu tempat asyik, biasanya saya bisa stay disana lamaaa – bahkan bermalam bagi yang memungkinkan.  
Cons:
- Berat diogkos ciiin, sekali isi 95-an liter kalikan saja dengan tarif petrol yang berlalu. Sebagai perbandingan dengan $15 dengan rute dan jarak yang sama. Uang tersebut hanya untuk satu minggu cost petrol untuk mobil, sedang motor bisa sampai satu bulan.


=====
Nah, begitulah men-temen gambaran memilki motor dan mobil disni, mana paling unggul? Well, tergantung tujuan men-temen apa? Mau explorasi? Jelas mobil juaranya. Untuk sekedar transportasi dan berhemat? Men-temen tahu jawabanya.

*Note: menurut pendapat pribadi bagi temen-temen yang masih nomaden (berpindah-pindah) Mobil, bisa menjadi pilihan tepat. Sedang motor bisa menjadi alternative bila kalian sudah semi-settle baik tempat tinggal, maupun tempat kerja.

=======
Kalau menurut kalian gimana guys?


Baca Juga:


No comments:

Post a Comment

19 JUTA/ MINGGU, GAJI BEKERJA DI AUSTRALIA