Sunday, January 6, 2019

JALAN - JALAN DAPAT UANG



Siapa yang ngak kepengen, bisa jalan-jalan keluar negeri dan dapat gaji?
Bisa berpetualang ke negara maju seperti negeri kanguru, Australia sekalian ngumpulin pundi-pundi dollar. Hmmm, mengiurkan bukan? Bagi kita warga negara Indonesia, kita bisa memanfaatkan peluang kerjasama antara pemerintah Australia dan Indonesia. Working Holliday Visa, Yups. Visa yang memperbolehan kita-kita tinggal untuk berwisata dan bekerja di Austtralia selama 1 tahun penuh. Visa ini juga di perpanjang sampai 2, bahkan 3 tahun.
Oh well, sudah hampir tiga tahun saya berada di Australia. Meskipun tinggal diluar negeri terdegar mengiurkan, suka duka pasti ada.  Apa saja suka duka selamat saya tinggal di Australia?
Mari dimulai dari bagian suka-nya:
1.     Tempat baru dan teman- teman baru.
Sering berpindah-pindah dari negara bagian satu, ke negara bagian yang lain. Sudah barang pasti kita juga bertemu dengan wajah-wajah baru dari berbagai belahan dunia.
2.     Isi dompet makin gimbul.
Gimana engak say? Kerja per jam dibayar dengan upah minimal $ 22.xx (*update upah minimal tahun 2019 mulai dari $23xx). Bayaran lebih tinggi kalau kita kerja di hari sabtu dan minggu, atau hari libur nasional.

BACA JUGA:
TIPS BERHEMAT DI AUSTRALIA
CARA DAFTAR WORKING-HOLLIDAY VISA AUSTRALIA

Okay, sekarang kita bahas tentang bagian dukanya yeah?
1.     Jauh dari keluarga, sanak saudara dan men-temen.
Ya iya lah. Tahun pertama disini saya benar-benar sendiri. Di bulan ke-10 untuk pertama kalinya, saya bertemu dengan orang Indonesia. Ketika saya tinggal di Cairns, saya bertemu dengan pasangan suami-istri asal Bali yang membuka usaha di sana.
2.     Culture shock (?)
Hmm, bisa dibilang deminkian. Cara pandang dan cara bersosialisasi orang Indonesia dan Penduduk Australia, maupun dari negara lain mungkin sedikit berbeda. Di sinilah cross cultural understanding sangat membantu.  
3.     Semua serba mahal.
Ada yang punya kebiasaan makan dengan jajan diluar? Nah lo! *tunjuk diri sendiri* siap-siap saja ya, masak sendiri, belanja sendiri, apa-apa serba sendiri. Untuk expense dari akomodasi, transportasi dan makanan terbilang lumayan mahal. Siap berhemat ya guys 😉

No comments:

Post a Comment

19 JUTA/ MINGGU, GAJI BEKERJA DI AUSTRALIA