Saturday, January 12, 2019

TATA CARA MEMBELI KENDARAAN PRIBADI DI AUSTRALIA


Sengaja milih this bad boy, karena medan diAustralia keras man!

Kendaraan sudah ada di Australia? Well, abaikan artikel ini.
Untuk kepraktisan dan demi tuntutan pekerjaan, memiliki kendaraan pribadi bisa dibilang salah satu prioritas, selain makan dan papan di Australia. bagi men-temen yang tinggal dan bekerja di kota besar seperti Melbourne, Sidney dst, tak punya kendaraan pribadi? No problem! Tinggal dan bekerja di kota-kota besar tak perlu kuatir dengan masalah transportasi, karena transportasi umum di sini sangat lah memadai.
Etapi bagi yang tinggal dan bekerja di sub-urban area.  Memilki kendaraan pribadi, patut di pertimbangkan. Kenapa?
Kebanyaan suburb memiliki jarak tempuh yang aduhai, jauuuhhh dari satu tempat ketempat lain. Contoh di central Queensland, Central Western Autralia, Notern territory dan daerah-daerah utara lainya. Mengendarai mobil berjam-jam, bahkan ratusan kilo berlalu boleh jadi kalian hanya bersimpangan dengan satu atau bahkan tidak ada mobil sama sekali. Banyak area ratusan kilo meter jauhnya dari satu kota ke kota lainya.  
Selain keadaan kendaraan yang memadai, fisik pengendara juga meski mengimbangi. Australia tough, Luas dan keras.
Untuk Australia bagian selatan, medan tempuh tidaklah segila bagian utara. Kebanyakan jarak satu kota kekota lain masih dalam radius 100-kman. Meskipun begitu tetap saja bagi yang tinggal di suburb, memilki kendaraan pribadi lebih banyak manfaatnya dari pada tidak.  
Lantas, bagaimana caranya untuk bisa membeli kedaraan pribadi di Australia?
Berikut bebeberapa poin penting yang perlu di perhatikan ketika hendak membeli kendaraan pribadi di Australia:
Dimana tempat untuk mencari kendaraan?
Beli kendaraan baru atau second hand? Kendaraan baru di Australia, harga selangit, etapi harga jual langsung drop meski kendaraan di pakai hanya dalam waktu singkat. For practical reason, saya memilih untuk membeli second hand. Dimana? Selain langsung mendatangi dealer kendaraan second hand langsung.  Kita juga bisa hunting di website seperti; Gumtree, site ini komplit. Selain jual beli, ada juga banyak peluang kerja.
Camping gear selalu didalam mobil, kadang sepulang kerja nemu tempat asyik dan cuaca mendukung, biasanya saya stay outdoor.

Rego & RWC (Road Worthy Certificate)
Rego = Pajak kendaraan. Disini bayar pajak bisa dilakukan untuk pertiga bulan, enam bulan atau tahuan (satu tahun). 
RWC = Surat kelayakan kendaraan. Dikeluarkan oleh mekanik yang di authorize oleh VIC Road, untuk yang di Victoria.
Dari pengalaman pribadi ketika saya membeli kendaraan, saya selalu cek kondisi kendaraan, test drive dan nego tentunya hi..hi.. Selain itu saya hanya membeli kendaraan yang Rego dan RWC sudah termasuk didalam transaksi.
Sekedar untuk gambaran, butuh biaya berapa untuk membeli kendaraan second hand baik mobil atupun mobil. Untuk mobil Nissan Patrol $14.000 sudah termasuk rego 6 bulan dan RWC, saya beli langsung dari dealer. Sedangkan untuk motor scooter 250 CC harga $ 3.500 termasuk rego 1 tahun dan RWC, beli via Gumtree.
Baca Juga:
Mobil vs Motor, mana paling unggul?

No comments:

Post a Comment

19 JUTA/ MINGGU, GAJI BEKERJA DI AUSTRALIA